tourismindonesiamartexpo.com

Press Release (Bahasa) TIME 2014

Press Release
Untuk disiarkan segera

BANDA ACEH SAMBUT TOURISM INDONESIA MART& EXPO (TIME) 2014

Jakarta, 7 Agustus 2014. Ibukota Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Banda Aceh, tahun ini akan menjadi tuan rumah Tourism Indonesia Mart & Expo (TIME) atau Pasar Wisata Indonesia yang akan berlangsung di Hermes Palace Hotel pada tanggal 23–26 Oktober 2014. Memasuki tahun penyelenggaraan ke-20, TIME bertujuan untuk meningkatkan citra Indonesia di dunia internasional dan melanjutkan promosi industri pariwisata Indonesia di pasar dunia.

Menurut Chairperson TIME 2014, Meity Robot, selama tiga tahun terakhir penyelenggaraan TIME dilaksanakan di (pulau) Sumatera, yaitu Padang tahun lalu dan sebelumnya di Lampung selama dua tahun berturut-turut. Sebelumnya, selama kurun 18 tahun, TIME diselenggarakan di pulau Jawa dan kawasan Indonesia bagian timur (Makasar dan Lombok). “Kami menyambut gembira Banda Aceh akan menjadi tuan rumah (host) TIME tahun ini” kata Meity

“Perpindahan tempat penyelenggaraan TIME ke ibukota propinsi Nanggroe Aceh Darussalam bertujuan tidak hanya untuk mempromosikan Aceh ke pasar internasional sebagai destinasi tetapi menempatkan Sumatera sebagai posisi strategis kepariwisataan, serta mendorong perbaikan dan peningkatan infrastruktur, fasilitas pariwisata, dan obyek wisata di kawasan tersebut sehingga dapat menjadi salah satu tujuan wisata dunia. Hal ini dapat menarik minat kedatangan wisatawan mancanegara dan pada akhirnya tidak hanya akan mendorong pertumbuhan pembangunan sektor pariwisata, namun juga sektor-sektor pendukungnya di wilayah tersebut, seperti pembangunan hotel baru dan obyek pariwisata lainnya,” papar Meity.

Aceh menjadi destinasi yang strategis di Indonesia tak hanya karena akses, tetapi juga ketersediaan sarana seperti beragam pilihan akomodasi serta atraksi dan obyek wisata yang menarik. “Dengan menjadi tuan rumah TIME maka para pebisnis wisata dari mancanegara (buyer) dapat melihat potensi pasar dan mempromosikan produk wisata yang baru di pasarnya masing-masing. sekaligus memberikan kesempatan kepada pelaku wisata lokal untuk menjual produk mereka di luar negeri”,” lanjut Meity.

Dari sisi akses, Sumatera memiliki enam pintu jalur udara, yaitu Banda Aceh, Medan, Pekanbaru, Padang, Palembang, dan Batam. “Ke-enam pintu masuk ini terkoneksi dengan Singapura dan Kuala Lumpur sebagai regional hub untuk menarik wisatawan mancanegara. Banda Aceh sendiri diterbangi oleh dua direct flight dari Kuala Lumpur dan Penang, Malaysia. Terdapat pula penerbangan langsung dari Jakarta ke Banda Aceh setiap harinya dengan Garuda Indonesia dan maskapai penerbangan lainnya, ” tutup Meity.
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banda Aceh, Reza Fahlevi, mengatakan, “Ini merupakan kesempatan yang sangat baik bagi kami untuk mempromosikan obyek wisata di Aceh ke dunia international dan tentunya dengan berlangsungnya TIME di Aceh maka diharapkan akan memperluas jaringan kerjasama pelaku industri pariwisata di Aceh dengan para pelaku industri pariwisata international”.

TIME merupakan satu-satunya ajang pertemuan business to business antara industri pariwisata Indonesia dan mancanegara. Dengan demikian, dalam acara tersebut, pelaku pariwisata Indonesia menjadi seller yang mempromosikan produk dan jasa wisata di Indonesia kepada industri pariwisata mancanegara yang bertindak sebagai buyer. TIME telah tercatat dalam kalendar internasional travel mart bersama dengan ITB Berlin, WTM London, Arabian Travel Mart (ATM), PATA Travel Mart, ITB Asia, dan lain-lain.
TIME mengokomodir kepentingan pelaku industri dalam negeri untuk perkenalkan produk dan jasa pariwisata Indonesia ke pasar internasional serta menampilkan seluruh daerah tujuan wisata Indonesia, termasuk daerah tujuan wisata populer, minat khusus, obyek wisata, dan pengembangan produk baru. Perpindahan tempat penyelenggaraan secara rotasi dimaksudkan untuk mempromosikan seluruh propinsi di Indonesia ke pasar internasional.

TIME diselenggarakan oleh Masyarakat Pariwisata Indonesia (MPI) bersama dengan Pemerintah Daerah Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam dan didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta seluruh komponen pariwisata di Indonesia.

Penyelenggaraan TIME 2014 juga didukung oleh Garuda Indonesia sebagai Official Airline, beberapa airline pendukung, ASITA (Asosiasi Tours dan Travel Agencies Indonesia) Aceh, PHRI (Persatuan Hotel dan Restaurant Indonesia) Nanggroe Aceh Darussalam, INCCA (Indonesian Conference and Convention Association), dan Pacto Convex sebagai event organizer.

Tahun lalu, TIME di Padang dihadiri oleh 83 buyer dari 27 negara dengan lima buyer terbesar dari Malaysia, Indonesia, Polandia, Belanda, India, dan Singapura, yang bertemu dengan 81 seller menempati 73 booth. Prosentase seller berdasarkan industrinya, Hotel, Resort & Spa (75%), Badan Promosi Pariwisata (10%), Tour Operator/Travel Agent (7%), Adventure/Activity Holiday (3%), Airline (1,5%), Lain-lain (Hotel Management, dll.) (8,5%).

—SELESAI—

Untuk informasi selanjutnya, hubungi:
Ms. Ika Nazaruddin
Media Relations Coordinator TIME 2014
Pacto Convex Ltd.
Tel: (62-21) 570 5800 Ext. 432 atau (62-21) 571 9973 (direct)
Fax: (62-21) 570 5798
HP: 0812 1000 469
Email: ika.nazaruddin@pactoconvex.com
Website: www.tourismindonesiamartexpo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

counting down to event:
0    Days
TIME 2014 Event Secretariat:
c/o Pacto Convex Ltd.
Lagoon Tower level B1,
The Sultan Hotel
Jl. Jend. Gatot Subroto
Jakarta 10270, Indonesia
P: +62 21 570 5800
F: +62 21 570 5798
© Copyright TIME 2013, 2013 All rights reserved.